Blezing
Selasa, 27 Mei 2025 10:22 WIB
Toyota GR Yaris Rally2 datang di Indonesia setelah Jepang. Toyota Astra Motor
Jakarta, Blezing --
Toyota GR Yaris Rally2 datang di Indonesia setelah Jepang. GR Yaris Rally2 diboyong oleh tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) sebagai bagian dari lineup terbarunya.
GR Yaris Rally2 bakal dikemudikan pembalap Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto dengan sasaran meraih gelar juara nasional rally dan sprint rally.
"Dengan spesifikasi Rally2 nan sama dengan mobil peserta senior lainnya, kami berambisi TGRI makin kompetitif dengan race car nan lebih powerful agar dapat berbincang banyak sehingga lebih percaya diri dalam mengejar sasaran menyandingkan gejar juara nasional rally dan sprint rally 2025,"kata Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily dalam keterangan resmi, Selasa (27/5).
Selama kerjasama dengan GR Yaris AP4 selama 3 musim, duo Ryan Nirwan dan Adi Indiarto sukses meraih gelar Juara Nasional Sprint Rally 2022 dan Juara Kedua Kejurnas Rally 2022.
Selanjutnya, TGRI kembali merebut gelar Juara Nasional Sprint Rally 2023. Meskipun penuh tantangan menghadapi para pesaing nan menggunakan mobil balap Kelas Rally2, TGRI sanggup meraih Juara Pertama Kelas H2 Kejuaraan Sprint Rally 2024.
Masih berbareng GR Yaris AP4, TGRI telah menabung poin krusial dengan merebut Podium Pertama Kejurnas Sprint Rally 2025 Seri ke-2. Menjadi krusial lantaran seri pertama dibatalkan sehingga kesempatan mendulang poin kian ketat. Nantinya berbareng GR Yaris Rally2, pereli TGRI bakal berkompetensi di Kelas RC2, naik satu kelas dari sebelumnya Kelas RC3.
Spesifikasi GR Yaris Rally2
GR Yaris Rally2 merupakan mobil balap nan berkompetisi di Kelas WRC2 di kejuaraan rally global, merupakan solusi nan diambil oleh Toyota dalam menghadapi persaingan nan makin ketat di arena rally dan sprint rally nasional. Sekarang, mobil nan dikembangkan oleh TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (TGR-WRT), menjadi jagoan terbaru tim TGRI.
Rally2 adalah pengelompokkan mobil reli nan mengikuti peraturan nan dibuat oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) untuk bersaing dalam kejuaraan reli internasional seperti Kejuaraan Reli Dunia alias World Rally Championship (WRC), kejuaraan regional seperti Asia-Pacific Rally Championship(APRC), dan kejuaraan nasional lainnya. Rally2 menjadi kasta tertinggi ke-2 di bawah Rally1 di arena WRC.
Berbeda dengan Rally1 nan mengangkat space frame, mobil Rally2 dikembangkan dari jenis produksi massal. Sasis dan mesin mobil Rally2 kudu memanfaatkan model produksi dengan volume lebih dari 2.500 unit, nan mana tampilan serta kreasi eksteriornya wajib mencerminkan mobil original nan menjadi basisnya.
GR Yaris Rally2 mengikuti spesifikasi unik mengenai sasis, output mesin, transmisi, suspensi, dan perlengkapan safety. Tim dan pembalap nan menggunakan 'jasanya' juga kudu mematuhi standar nan ditetapkan oleh FIA untuk memastikan keamanan semua peserta di lintasan, serta menjaga kejuaraan nan setara dan setara.
Interior Toyota GR Yaris Rally2. Toyota Astra Motor
Sasis
Panjang : 3.995 mm
Lebar : 1.820 mm
Tinggi :Adjustable
Berat : 1.230 kg (termasuk 1 ban serep) sesuai patokan FIA
Konstruksi : Bodi baja dengan roll cage berkekuatan tinggi sesuai patokan FIA
Mesin dan transmisi
Tipe : 3-silinder segaris turbocharger
Kapasitas : 1.618,2 cc
Manajemen mesin : Bosch Motorsport ECU
Transmisi : Sekuensial 5-speed
Diferensial :Limited-slip differential spesifikasi balap
Suspensi, kemudi, dan rem
Suspensi depan :Mac Pherson strut
Suspensi belakang :Mac Pherson strut
Shock absorbers : REIGER adjustable racing dampers
Kemudi :Hydraulic rack and pinion
Kaliper rem : Kaliper balap 4-piston Alcon
Diameter cakram rem :Gravel300 mm, Aspal 355 mm dan 300 mm
Kampas rem : ENDLESS racing brake pads
Ban depan/belakang : Aspal 235/40 R18, Gravel 205/65 R15.